0
SEA GAMES 2011 PALEMBANG PALING KACAU SEPANJANG SEJARAH PERHELATAN SEA GAMES |
Nama dan harga diri bangsa sedang dipertaruhkan di antara negara negara Asean. Perhelatan Sea Games 2011 Palembang menuai banyak protes dari berbagai peserta dan para official. Banyak kekacauan terjadi dari mulai sarana transportasi yang benar benar kacau, akomodasi yang tidak memadai, sampai keracunan makanan beberapa atlet sepakbola. Itu sungguh memalukan, bahkan official dari Philipina mengatakan bahwa Sea Games Palembang 2011 merupakan Sea Games paling kacau sepanjang sejarah perhelatan Sea Games. Sekali lagi harga diri bangsa sedang dipertaruhkan, Jika Sea Games 2011 benar-benar kacau maka itu mencerminkan negara Indonesia memang sedang dilanda kekacauan.



Offisial olahraga Filipina, Rabu (9/11/2011), menyatakan SEA Games XXVI 2011 merupakan penyelenggaraan "paling kacau" sepanjang sejarah. Hal itu dilaporkan harian Filipina, Daily Inquirer, ketika menyinggung parahnya tentang penginapan dan transportasi.
Koran Singapura Straits Times, dilansir Antara melaporkan keracunan makanan melanda para pemain sepak bola dari Singapura, Malaysia, Kamboja dan Indonesia, yang menginap di hotel berbintang di Jakarta.

Ketika obor SEAG tiba di Palembang, koresponden AFP menyaksikan ribuan pekerja masih bekerja keras di beberapa tempat termasuk untuk menyelesaikan pengaliran air (drainage).
Di Jakarta, sekitar 500 kilometer dari Palembang, sekitar 12.000 atlet, offisial dan media akan berlalu-lalang, belum lagi ditambah ribuan penonton.
Masalah kemacetan lalu lintas jadi hambatan utama, sehingga para siswa sekolah diliburkan. Tapi itu kelihatannya tidak menyelesaikan masalah.

Laporan media nasional Rabu menyebutkan, hingga petang itu pusat layanan media (MPC) di Gedung Bank Sumsel di Jakabaring, Palembang, masih kosong dari peralatan sedangkan wartawan asing sudah mulai berdatangan.

Ruang kesehatan, ruang kerja media, menara serta toilet pada arena perlombaan dayung di Karawang pun hingga Rabu petang belum selesai, tapi Menpora Andi Mallarangeng menyatakan yakin kekurangan itu akan terpenuhi Kamis sementara awal laga di tempat itu diundur dari Kamis menjadi Jumat.
Setidaknya, semua kritikan ini menjadi "otokritik" bagi semua pihak yang terlibat langsung atau tidak, agar saling mendukung terejawentahkannya dwi sukses sebagai tuan rumah, yaitu sukses mendulang medali dan sukses sebagai negara penyelenggara.

Sumber: tribunnews.com

Lihat juga jadwal SEAGXXVI dan perolehan medali ter-update DISINI.

Post a Comment

Silahkan kirim masukan, saran dan kritik yang bermanfaat disini yach
Semoga saling bermanfaat..

 
Top